Oct 31, 2020

Dalan Wingit

“Bro, tolong òjòk lèwat kene pò’ò, mutêr sitik gak pòpò wìs”

Sêkêtika mòtòrku têrhênti karèna saat bêrkata sêpêrti itu, Panjùl mêraih pundakku dari bêlakang dan menarikku kêncang.

“ Mutêr iku tambah adòh Njùl. Ròng kilo dewe jarak’e. Arêp têkan nggòn jam pirò awakmu.”
“Sìk ta, awakmu gak ngêrti ta nang ngarêp iku ònòk òpò? Kabèh wòng pòdò mìkìr lho nek arêp lèwat dalan iki”.

“Gak pòpò, aman. Aku wìs sêrìng lèwat kene, tênang ae. Wìs yò, arêp tak gas pòl manèh. Kesuwèn ngòbròl malah têlat êngko.”

“Arèk iki jan angèl tênan kandanane. Iki sìng lèwat cuman awak dewe thòk bro. Dêlòk’ên ta kiwò têngên, ndhi ònòk wòng sìng lèwat.”, si Panjùl mulai bicara dengan nada tinggi.

“Yo mêsti sepi wòng wìs jam sêmene. Trus manèh, awak dewe iki wìs têlat. Wòng-wòng wìs budhal ket mùdhùn maghrib mau. Awakmu sìh mulêk ae. Awas, cêkêlan sìng kuat.”
Sêgêra ku tarik gas mòtòrku dan melaju. Panjùl yang ku bonceng di belakang mulai memegang pundakku dan mencengkramnya kuat.

Disepanjang perjalanan, sepertinya panjul tidak melihat ke arah jalan. Terasa kepalanya tertunduk dan merangsek ke punggungku. Ku laju motorku semakin kencang agar segera sampai di tempat tujuan.
Tidak ada lampu jalan yang menerangi. Satu-satunya lampu yang kuandalkan hanya dari sorot lampu motor yang kadang-kadang ku dìm agar bisa melihat jarak lebih jauh.

Sekitar 15 menit kemudian, terasa jalanku semakin terang karena sorot lampu jauh dari belakang. Entah itu  mobil atau mòtòr. Karena silau akibat pantulan lampu jauh dari kaca spion, aku pun mulai mengendurkan gas dan mengendara agak pelan. Berharap kendaraan itu segera lewat dan berlalu menjauh.

Tapi ternyata yang terjadi tidak seperti itu, kendaraan itu tidak segera menyalip. Dia malah mematikan lampu jauhnya dan membiarkan diriku tetap berada di depan. Kendaraan itu tetap di belakangku dan menjaga jarak sekitar 5 meter. 

Melihat keadaan seperti itu, aku pun mulai menggeber kecepatan motorku. Tapi yang bikin ku kesal, kendaraan itu, sepertinya juga motor, juga ikut mempercepat laju kendaraannya, dan selalu di belakang. Tidak mau menyalip. 

“Njùl, nòlehò mburi.”, aq ngòmòng ngùnù ambèk nyikùt si Panjùl karo tangan kiwo.

“Jangkrìk, ònòk òpò bro? Kaget aku.”, si Panjul pun mulai menoleh ke belakang meski sedikit kesal. “Sepeda iku lapò ngìtìng awak dewe nang mburi? Wìs ket mau ta iku? Mosok Ninja gak isò nyêlìp Vario?”

“Coba pênthêlêngònò Njùl, dèk’e dèwèk’an òpò bòncèngan?”

“Wònge kèthòk dèwèk’an bro, gak boncengan.”, jawab si Panjùl.

“Coba di tes, karêpe òpò wòng iku”, batinku. Dan aku pun semakin menggeber kecepatan motorku.

Dari belakang si Panjùl berbisik, “arêp ngebut sepirò maneh mlakune sepedamu. Sepeda isò’e nggêrêng thòk ngene”.

“Jangkrik, òjòk ngênyèk Njùl. Nùnùt ae atek ngênyèk barang. Njaluk mùdùn nang kene ta?”, atiku dongkol.

Dan sama seperti yang terjadi sebelumnya, si “Ninja” itu hanya menjaga jarak, tidak mau menyalip. 
Tidak sabar dengan kondisi seperti ini, aku pun segera menepi dan berhenti.

“Bro, òpò karêpmu? Òjòk mandêk nang nggòn wìngìt kòyòk ngene”. Ucapan si Panjul yang gelisah berhenti karena ternyata si “Ninja” itu juga ternyata ikut berhenti, tepat di belakang.

Aku pun mulai mendekati si Ninja itu dengan mengumpulkan keberanian. Toh, dia cuma seorang diri.
Tapi, sebelum aku sempat bertanya, dia yang sudah membuka helmnya mulai berkata terlebih dulu.

“Mas, sepurane tak kìthìng teko mburi ket mau. Dalane sepi mas, trus wìngìt. Aku cuma golek konco barêng sampek têkan pucuk dalan kònò mas”.

Owalah...... 





No comments:

Post a Comment

Radiometric Measuring System (2)

Bab 2: Nuklir dan Gamma Ray Protrac Radiometric Di postingan sebelumnya sempat saya sentil terkait gelombang electromagnetic dari frekwensi ...